Tuesday, October 20, 2020

Jenis-Jenis Customer dan Bagaimana Menghadapinya

 Jenis-jenis customer yang ada dan yang para penjual temukan sangatlah beragam. Penjual yang baik harus lah memberi pelayanan yang prima kepada para customer nya, apapun karakternya. Karena bukan rahasia umum kalau customer adalah raja.Penjual wajib mengetahui jenis jenis customer yang di jumpai. Tujuan nya agar bisa meningkatkan kualitas dari segi pelayanan nya.

Tidak menutup kemungkinan bisnis nya akan berkembang karena customer merasa puas.



Apa saja jenis-jenis customer?


Tipe Gercep

Tipe customer ini tidak banyak basa-basi. Mereka hanya melontarkan 1 pertanyaan saja kepada penjual, jika mereka merasa sudah menemukan jawabannya, maka mereka tidak ragu-ragu untuk langsung belanja.
Trik yang dapat di lakukan penjual adalah :

  • Fast respon, karena tipe customer ini tidak suka bertele tele dan respon yang lambat.
  • Jelaskan to the point tentang produk, kegunaan, dan manfaatnya.

Tipe si Raja Diskon

Discount hunter, ya ini lah tipe customer satu ini. Mereka hanya akan aktif berbelanja jika melihat ada diskon atau promo promo tertentu saja.
Trik yang dapat di lakukan :

  • Jangan ragu-ragu berikan diskon atau promo jika memang sedang di berlakukan, mereka akan senang sekali.
  • Buat mereka berfikir dengan menjelaskan bahwa promo atau diskon ini terbatas.

Tipe Bawel


Customer tipe ini lah yang paling menguji mental penjual. Mereka sangat vokal dan tidak suka di tanggapi dengan respon cuek.
Trik untuk menghadapi nya :

  • Jelaskan se detail detail nya tentang produk atau jasa apa pun kepada mereka.
  • Jadi lah pendengar yang baik ketika mereka sedang menjelaskan atau menanyakan sesuatu.
  • Meskipun terlihat mereka yang mengendalikan situasi, ikuti saja kemana alurnya, agar mereka senang.

Tipe si tukang membandingkan


jenis customer ini gemar membandingkan dengan pesaing sang penjual. Tipe seperti biasanya mereka paham tentang produk yang ingin mereka beli. Jadi penjual harus lah menguasai produk dan pandai dengan menjelaskan kualitas produk nya.
Trik yang perlu dilakukan :

  • Kuasai produk sampai ke detail nya, agar tidak terjebak dengan pertanyaan customer
  • Pelajari keunggulan dan kelemahan dari produk yang di jual pesaing lain.
  • Jelaskan keunggulan produk yang tidak di miliki oleh pesaing lain nya.

Dari jenis-jenis customer diatas, sebagai penjual tentunya harus memberikan pelayanan yang terbaik. Siapapun adan apapun jenis customer nya.

Pelayanan 24/7, belanja online murah dan cepat. Mugan Home solusinya

Belanja Online vs Belanja Offline

 Belanja Online atau Offline, Pilih Yang Mana? Belanja online atau offline saat ini menjadi topik hangat dalam memilih tempat belanja. ...