Wednesday, October 21, 2020

Apa itu Brand Awareness?

 Brand Awareness, Pentingnya Dalam Berbisnis Online





Brand awareness yang di artikan kedalam bahasa Indonesia yaitu kesadaran merek. Istilah dalam strategi untuk menggambarkan tingkat kesadaran masyarakat pada suatu produk. Atau bisa juga pada nama nya itu sendiri.

Dalam teknik nya, brand awareness bisa di lakukan di berbagai platform online. Seperti media sosial, toko online, e-commerce dan lainnya.


Definisi brand awareness menurut para ahli

Menurut Rossiter dan Percy (1996:113) adalah
Kemampuan masyarakat untuk mengenal dan menyebutkan merk produk tanpa kategorinya secara spesifik.

Sedangkan menurut Shimp (2003:11) adalah

Kemampuan sebuah merk muncul di benak konsumen ketika mereka memikirkan kategori produk tertentu. Dan seberapa sering produk tersebut dimunculkan.

Dan menurut Soehadi (2005:28) memberikan sebuah pengertian yaitu

Membuat pelanggan mengerti kategori produk atau layanan dimana produk tersebut bersaing. Pada tingkatan yang lebih luas.


Mengapa brand awareness itu penting?

Brand awareness begitu penting bagi apapun bisnisnya. Karena tidak hanya mengundang para pelanggan untuk membeli produk anda untuk pertama kalinya. Melainkan bisa membuat jangkauan orang-orang yang tau produk anda lebih jauh lagi. Orang-orang juga akan jauh lebih percaya dapat mengenali produk yang anda miliki. Misalnya, icon/logo dan tagline brand yang ada punya. Dari situlah, brand yang anda punya akan muncul pertama kali di benak mereka.

Brand awareness juga bisa menjadi tolak ukur bagi perusahaan untuk menilai kinerja produknya. Perusahaan akan terus berinvestasi setiap tahunnya untuk meningkatkan kualitas mereka. Lalu bagaimana dengan toko online yang masih start up? Tentu mereka pun melakukan hal yang serupa.Dengan berbagai cara strategi pemasaran dilakukan untuk produk atau brand yang mereka rintis.Brand awareness juga dapat menambah nilai jual pada produk, jasa, dan perusahaan.


3 tingkatan brand awareness :

Top of Mind

Top of Mind ialah suatu gambaran merk yang pertama kali di lihat oleh konsumen. Misalnya, Sebutkan merk mie instan yang pertama kali muncul di benak anda?

Brand Recall

Tingkatan ini mengacu pada ingatan atau memori konsumen tentang kategori suatu produk tertentu. pada tingkatan ini, konsumen hanya perlu mengingat sekilas kategori produk atau brand tersebut. Brand anda akan masuk pada tingkatan ini ketika konsumen menyebutkan nama produk anda. Itu tanda nya produk anda sudah masuk di dalam ingatan mereka.

Brand recognition

Brand recognition mengacu pada kemampuan konsumen untuk mengingat suatu produk ketika mereka melihatnya. Mereka belum tentu ingat nama produk nya, mereka ingat ketika melihat produk tersebut secara visual.


Indikator brand awareness :

  • Traffic pada website. Menunjukkan berapa banyak orang yang mengunjungi website dan tertarik dengan produk anda.
  • Engagement social media. Indikasinya di lihat dari jumlah followers, komentar, likes yang meningkat.
  • Asumsi orang lain tentang produk anda. Ketika orang berkata bahwa merk anda ini memuaskan. Maka calon konsumen lain akan terkonversi. Sebaliknya jika orang berkata bahwa produk anda buruk, maka impresi negatif akan menular ke orang lain.

Cara meningkatkan brand awareness bisnis anda :

Advertisement/Iklan

Tidak bisa dipungkiri, beriklan adalah salah satu cara terbaik untuk meningkatkan brand awareness. Tujuan ini untuk menjangkau audiens yang lebih luas. Umumnya ini di lakukan dengan hard selling seperti di radio, tv, reklame, dan lainnya.

Media sosial

Media sosial merupakan pilihan bagus untuk meningkatkan brand awareness. Karena media ini sangat konsumtif bagi masyarakat di ero modern digital ini. Nah anda harus membuat konten yang aktif dan berkala. Tujuannya agar anda dapat menjangkau audiens baru dengan konten yang relevan.

Content marketing

Content marketing sangat bernilai sekali saat ini untuk meningkatkan brand awareness. Dengan memberikan nilai jual, informasi, atau hiburan pada audiens anda. Nilai ini lah yang akan membuat audiens tertarik dengan pasar anda, bisa dari pesan dan nama merk nya.

Promosi

Promosi bisa di lakukan dalam berbagai cara. Bisa dari event-event tertentu atau peluncuran tentang produk baru anda. cara ini dapat menaikkan exposure pada brand dan produk anda sendiri.

Memberikan merchandise

Merchandise di berikan kepada konsumen sebagai tanda terimakasih atas kontribusi terhadap bisnis anda. Dengan cara ini dapat mendongkrak brand awareness anda. Semakin unik merchandise nya, maka semakin baik pula dampaknya.

Berkolaborasi

Cara ini saat ini sedang popular di kalangan para pebisnis online. yang menargetkan persona pelanggan yang sama dengan anda.



Belanja Online vs Belanja Offline

 Belanja Online atau Offline, Pilih Yang Mana? Belanja online atau offline saat ini menjadi topik hangat dalam memilih tempat belanja. ...