5 jenis pelanggan dan cara mendekati mereka. Tidak ada satu cara yang benar untuk mendekati pelanggan. Semua jenis pelanggan akan mengunjungi situs web mu.
Masing-masing unik dan membutuhkan pendekatan yang berbeda.
dekati pelanggan yang berbeda.
Jika mereka bekerja dari satu naskah tidak peduli siapa yang datang untuk berbicara dengan mereka, mereka perlu belajar lagi.
Tim yang mengubah pendekatan mereka untuk kasus yang berbeda adalah tim yang mendapatkan hasil layanan pelanggan yang baik. Mereka mampu menangani semua situasi, tidak peduli apakah itu menyenangkan atau tidak.
Baca terus untuk mengetahui jenis pelanggan apa yang dapat kamu temui saat menangani kasus penjualan dan apa yang dapat kau lakukan untuk membuat kontak mereka dengan mu bermanfaat dan berkesan.
Kamu dapat memberitahu bahwa tim dukungan mengetahui barang mereka dengan melihat cara mereka
Apa saja 5 jenis pelanggan tersebut?
Jenis pelanggan dari perspektif penjualan
Anda dapat mensegmentasikan pelanggan mu ke dalam grup berdasarkan posisi mereka di corong penjualan . Kamu pada dasarnya beralih dari seseorang yang hanya melihat dan tidak benar-benar berpikir untuk melakukan pembelian menjadi seseorang yang merupakan penggemar merek mu seumur hidup dan akan selalu kembali lagi.Bergantung pada seberapa jauh mereka masuk ke saluran penjualan mu, kamu perlu menjawab kebutuhan dan pertanyaan mereka dengan sedikit berbeda.
Selain itu, kamu harus mempertimbangkan alasan mengapa seseorang membeli dari kamu. Ini juga akan sedikit mengubah percakapan dan dapat membantu mu memindahkan pelanggan yang masih ragu-ragu di bawah corong dan mengubahnya menjadi pengikut setia.
Berikut adalah lima jenis pelanggan yang berorientasi pada penjualan yang akan kamu temui.
``
1. Calon pelanggan - Paul si Potensial
Paul si Potensial adalah tipe pelanggan yang berada di awal saluran penjualan mu. Secara teknis, Paul belum menjadi pelanggan mu. Namun, Kamu harus memberi mereka perawatan lengkap dan mudah-mudahan mengubahnya dengan cepat.Paul si Potensial adalah pemimpin yang membutuhkan pemeliharaan dan pemanasan sebelum membuatkeputusan dalam membeli. Dia sudah menunjukkan minat pada bisnis mu, baik dengan mengisi formulir , mendaftar untuk buletin atau mengajukan pertanyaan melalui fitur livechat atau langsung menuju nomor whatsapp mu.
Ketertarikan itulah yang membedakan Paul dari pengunjung situs web lainnya. Kamu dapat menggunakan percikan minat itu untuk mengubahnya menjadi pelanggan yang membayar. Ini jauh lebih efektif daripada membombardir semua pengunjung situs web dengan penawaran.
Bagaimana menghadapi Paul si Potensial :
Tunjukkan nilai : Kamudapat memanfaatkan minatnya dengan menunjukkan secara jelas apa yang dia dapat dari produk mu. Kamu dapat melakukan ini sendiri atau mengarahkannya ke sumber daya seperti halaman atau studi kasus yang akan melakukannya untuk mu.
Ungkapkan diri mu: Pastikan untuk memberi tahu calon pelanggan bahwa mereka dapat meminta bantuan atau nasihat kapan saja. Bahkan jika pelanggan tidak segera membutuhkannya, mereka akan menghargai tawaran tersebut.
2. Pelanggan baru - Neil si anak Baru
Neil si anak baru adalah pelanggan baru yang baru saja membeli sesuatu dari kamu. Dia masih mempelajari cara menggunakan produk mu. Kamu perlu melakukan segala daya untuk membuat periode adopsi itu lancar.
Meskipun Kamu sudah melakukan penjualan, kamu tidak dapat meninggalkan Neil tanpa bantuan apa pun. Jika dia tidak menerimanya, dia mungkin tidak menemukan banyak kesuksesan dengan produk mu. Hemat waktu dengan tidak membantu Neil kamu menjadi kurang berharga daripada bisnis masa depan yang mungkin dia hasilkan.
kamu dapat memastikan itu tidak terjadi dengan orientasi pengguna yang tepat . Setelah seseorang membeli produk mu, Kamu perlu membimbing mereka dan menunjukkan cara menggunakannya.
Cara menangani Neil si anak baru:
Pandu mereka : Kamu bisa mendapatkan pelanggan jangka panjang dengan menginvestasikan sedikit waktu mu untuk menjelaskan cara kerja produk mu dan memastikan pelanggan baru tahu cara menggunakannya. Kamu dapat melakukannya dengan proses orientasi yang tepat.
Biarkan opsi kontak terbuka : Meskipun kamu menawarkan orientasi otomatis kepada pelanggan, sediakan opsi layanan pelanggan langsung. Ini akan sangat membantu dalam situasi ketika pelanggan memiliki pertanyaan yang tidak tercakup dalam orientasi.
3. Pelanggan Impulsif - Iggy si Impulsif
Ini adalah tipe pelanggan yang dapat membuat keputusan pembelian dalam sekejap, asalkan kondisinya tepat.
Soalnya, Iggy tidak perlu banyak diyakinkan untuk melakukan pembelian. Kamu tidak perlu menghangatkan prospek ini dengan proposisi nilai terlalu banyak.
Yang dibutuhkan Iggy untuk membeli sesuatu adalah cara yang jelas dan mudah untuk melakukannya. Semakin sedikit langkah yang dilakukan, semakin tinggi peluang pelanggan seperti Iggy untuk melakukan pembelian.
Kosongkan jalan bagi Iggy dan singkirkan gangguan apa pun yang mungkin dia hadapi untuk memastikan mu tidak menyia-nyiakan dorongan membeli saat itu datang.
Cara menangani Iggy si Impulsif:
Bersihkan cara untuk membayar : Pastikan tidak ada yang membutuhkan manual untuk melakukan pembelian di situs web mu. Semakin sedikit klik dan informasi yang dibutuhkan untuk melakukan pembelian, semakin baik.
Bantuan cepat dan ringkas : Jika kamu mendapat pertanyaan dari Iggy, buat jawabannya singkat. Tempelkan paku payung kuningan. Kamu juga perlu memberikan tanggapan dengan cepat. Jika Kamu terlalu lama, dorongan membeli akan memudar dan Iggy akan meninggalkan situs mu.
4. Pelanggan Pemburu Diskon - Dan si Pemburu Diskon
Dan si pemburu diskon adalah tipe pelanggan yang melihat nilai produk mu tetapi tidak akan membelinya dengan harga penuh.
Dan biasanya mencari beberapa informasi tambahan tentang kondisi pasti dari kesepakatan atau diskon yang kamu tawarkan. Kamu dapat membantunya dengan menjelaskan kesepakatan tersebut dan apa yang perlu dia lakukan untuk menggunakannya.
Setelah kesepakatan habis, sulit untuk mempertahankan Dan sebagai pelanggan. Jika kamu menawarkan layanan dengan harga diskon, Dan biasanya akan pergi setelah diskon berhenti berlaku.
Untuk meningkatkan peluang mu mempertahankan Dan sebagai pelanggan, kamu perlu menunjukkan kepadanya bahwa dia tidak hanya mendapatkan produk dengan harga diskon, tetapi dia juga mendapatkan layanan pelanggan yang luar biasa yang dibundel dengan pembeliannya.
Kamu perlu memberikan nilai tambah yang akan membuat Dan berpikir dua kali sebelum beralih ke perusahaan lain.
Bagaimana menangani Dan si pemburu diskon:
Jelaskan kesepakatan : Berikan semua detail yang diperlukan tentang kesepakatan untuk menghindari kebingungan. Dan mungkin juga memerlukan bantuan untuk memasukkan kode diskon atau menggunakan kupon, jadi pastikan tim mu mengetahui detail kesepakatan tersebut.
Tawarkan nilai tambah : Untuk memastikan Dan terus menjadi salah satu pelanggan mu, kamu harus melampaui penawaran awal mu. Tambahkan ceri di atasnya. Sesuatu yang tidak bisa mereka dapatkan di tempat lain. Layanan pelanggan Stellar dapat menjadi salah satu keuntungan yang akan membantu Anda mempertahankan Dan sebagai pelanggan.
5. Pelanggan setia - Larry yang setia
Jenis pelanggan ini terus kembali lagi. Selain memberikan pengaruh yang signifikan terhadap pendapatan mu, Larry juga akan menjadi duta merek mu.
Larry dan pelanggan seperti dia membantu muberkembang dari mulut ke mulut. Kamu akan merekomendasikan bisnis atau produk mu kepada teman dan keluarganya, mengirimkan arus pelanggan baru yang sehat kepadamu.
Kamu harus mencoba memanfaatkan pengalamannya dan mempelajari apa yang membuatnya begitu puas dengan bisnis mu. Jika kamu memiliki kesempatan, tanyakan pada Larry aspek mana dari produk atau bisnis mu yang paling dia sukai. Catat dan coba tiru pengalaman itu sehingga pelanggan lain bisa menjadi duta merek mu.
Bagaimana menangani Larry yang setia
Beri dia platform : Kamu dapat membantu Larry menyebarkan cinta dan menampilkannya dalam studi kasus. Sedikit bukti sosial seperti itu akan membuat halaman arahan mu jauh lebih menarik bagi calon pelanggan.
Belajar dari pengalamannya : Lihat apa yang membuat Larry menjadi pengikut setia dan pastikan hal itu terjadi lebih sering dengan pelanggan lain.
Jangan mengacaukannya : Apa pun yang Anda lakukan, pastikan Larry tetap bersemangat tentang produk dan bisnis mu.5 Jenis Pelanggan dan Cara Mendekati Mereka
Mugan Home, Everything you need in-home is right here!